Kamis, 10 Agustus 2017

Mengola Daun Kelor dan Tanaman Talas menjadi jenis Makanan Baru



Sosialisasi pembuatan gambir 1000 hasiat dan nugget talas telah selesai dilaksanakan pada Rabu,  26 Juli 2017 di Desa Karang Leman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan tepatnya di rumah Kepala Desa Bapak Hosen. Acara sosialisasi kali ini diadakan oleh Kelompok 44 KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura.

 Sosialisasi pembuatan gambir 1000 hasiat dan nugget talas sebagai Salah satu Program Kerja bagi ibu-ibu pkk untuk meningkatkan kualitas ekonomi serta pemanfaatan sumber daya alam bagi warga desa Karang Leman. Tanaman kelor mudah tumbuh diberbagai tempat tanpa pemeliharaan yang intensif. Tanaman kelor kaya dengan kandungan nutrisi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh, seluruh bagian dari tanaman kelor dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan, menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan manusia dan terutama sumber asupan gizi keluarga. Bahkan, kandungan kelor diketahui berkali lipat dibandingkan dengan bahan makanan yang mempunyai sumber nutrisi lainnya. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam kelor adalah vitamin A, C, E, K, B, B1, B2, B3, B6, Alanine, Alpha-Carotene, Arginine dll.
Tanaman kelor bermanfaat bagi kesehatan manusia, dapat menjaga kewehatan ginjal, mengobati rematik, mengobati penyakit jantung, anti diabetes. Dilihat dari berbagai manfaat yang telah diketahui, tanaman kelor dapat dikembangkan menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis tinggi yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Pembuatan produk dengan bahan dasar kelor cukup berpotensi karena selain mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi, tanaman kelor juga mudah ditemukan dan di tanam tanpa pemeliharaan yang intensif.
Sedangkan talas sendiri banyak tumbuh di pekarangan warga karang leman. Talas merupakan salah satu sumber karbohidrat yang termasuk dalam umbi-umbian. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada talas diantaranya Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, dan Betakaroten. Tanaman talas yang saat ini sering dipandang sebelah mata ternyata memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat dari talas sendiri yaitu sebagai sumber energi, sehat untuk jantung, membantu tekanan darah, mengatasi kelelahan, baik untuk pencernaan.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Posting Komentar